Image of PENERAPAN METODE SCANNING PADA PEMBELAJARAN TAHFIZH

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PENERAPAN METODE SCANNING PADA PEMBELAJARAN TAHFIZH



Penelitian ini dilatar belakangi karena ketidaksesuaian hasil akhir hafalan Al-Quran siswa dengan targetan yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, maka diterapkanlah suatu metode dengan harapan bisa membenahi apa yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah, salah satunya adalah dengan menggunakan metode Scanning ini. Metode ini diterapkan selama siswa berada dalam pembelajaran tahfizh Al-Quran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti tidak sedikit dijumpai siswa yang terhambat dalam manghafalkan AL-Quran dan bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menghafalkan beberap baris ataupun ayat yang telah ditentukan.rnTujuna dari penelitian ini adalah unutuk mengetahui, mengidentifikasi dan memahami bagaimana implementasi metode SCANNING ini dalam pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Bandung Islamic School. Jenis penelitian ini adalah peneltian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang mengedepankan data dan informasi dari kehidupan nyata untuk memecahkan suatu masalah praktis yang ada di masyarakat dengan cara menelaah fenomena sosial yang berlangsung secara alamiah dan wajar.rnSumber data yang diperoleh dalam penelitan ini adalah pengajar dan para siswa guna mendapatkan informasi yang lebih akurat, teknik pengumpulan data ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triagulasi data, sedangkan unutk analisis data yaitu data reduction, data display dan conclution. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa implementasi yang telah dilaksanakn dengan metode Scanning ini dapat memudahlan siswa pada saat proses pembelajaran tahfizh Al-Qur’an, dengan tetap mngedepankan makhorijul huruf dan tajwid, serta pemahaman aspek-aspek dasar keislaman, hasil ini dapat dilihat dengan adanya perubahan kemampuan pada siswa antara sebelum dan setelah mempelajari metode Scanning ini.rnrn""


Ketersediaan

TA00517Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
SKRIPSI
No. Panggil
2022 TA00517 HIL p PAI
Penerbit UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG : BANDUNG.,
Deskripsi Fisik
87 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1819011018
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya